Gerutu teman penyemplak Tiger. Penyakit ini seolah memang menjadi langganan para pengguna motor sport Honda khususnya Megapro serta Tiger. Tak ayal hal ini membikin kesel jika ini terjadi. Kalau 1 tahun pakai sih tidak masalah. Soalnya kadang baru 6 bulan baru diganti penyakit turunan ini datang lagi.....
Jika sampeyan mempunyai motor sport Honda kelemahan akan sangat terasa pada sisi ini. Tercatat sudah puluhan kali saya sendiri mengganti bos gir (bushing dumper) pada Megy lawas. Dulu ada teman menyarankan sproket gir belakang dikunci mati dengan menggunakan mur ukuran besar yang dibuat oleh tukang bubut, namun kelemahan sistem ini adalah akibat absennya karet sebagai peredam perputaran gir, hentakan atau penyaluran tenaga keroda belakang tidak smooth hingga memperpendek umur rantai plus getaran foot step dikaki sangat terasa. Parahnya jika ukuran baut buatan tukang bubut tidak betul-betul presisi, gir akan mudah copot dari rumahnya....ngeri jadinya. Menurut mekanik langganan usia bos/karet gir tergantung dari bobot motor, fungsi serta gaya pengendara. Kalau tunggangan sering buat boncengan dijamin umur bos/karet gir akan lebih pendek umurnya ketimbang dipakai sendiri. Begitu juga kalau sampeyan suka geber-geber motor, atau istilah arek enom....mesin buat tarik-tarikan, dipastikan gir akan cepat aus karetnya hingga alhasil oblak tidak bisa dihindari. Mau nggak mau harus diganti dengan yang baru kalau tidak, bakal goyang dombret tuh sproket. Bisa dibayangkan kalau itu terjadi, rantai ngelos akan mengancam sampeyan. Jadi berdasarkan pengalaman serta masukan para mekanik berikut tips dan trik memperpanjang usia bushing dumper sproket gir belakang motorsport Honda...
1. Hindari penggunaan engine brake berlebihan ketika mengerem
2. Jika boncengan, usahakan buka gas secara smooth atau beraturan
3. Hindari geber-geberan motor terlalu berlebih
4. Ganti pelk asli (besi) dengan model aluminium (lebih ringan) utk model jari-jari
5. Selalu gunakan bos/karet sproket asli
6. Bisa juga diganti dengan bushing dumper/bos merk Sinnob
Semua items diatas yang paling manjur saya rasakan adalah tips nomor 4. Ketika memakai pelk jari-jari bawaan pabrik tercatat 8-12 bulan, bos/karet gir selalu minta jajan. Tapi setelah ganti pelk aluminum tercatat hampir dua tahun, oblak tidak saya temui. Dipastikan hal ini dikarenakan kerja bos gir/bushing dumper yang tidak terlalu berat akibat entengnya pelk aluminium hingga kinerja karet gir tidak terlalu terbebani ketika accelerasi dilakukan. Buat tipe Cast Wheel, tidak ada yang bisa dilakukan kecuali gaya berkendara saja (tips nomor 1,2,3 dan 5) yang kudu dirubah. Selain itu berdasarkan review dari para brothers diHonda Tiger Club, Sinnob telah menyediakan Bushing Dumper yang konon ketahanannya 3 kali lipat dari sparepart asli. Bisa ditebus seharga 40ribu tipe jari-jari serta 75ribu buat pelk racing. Saya sendiri belum pernah membuktikannya. Semua tips tersebut masih bisa ditambah tergantung dari analisa dan inovasi brothers sendiri. Semoga berguna.....(iw/11/09/2010)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar